• HPHT atau ukuran janin ya??

    Sudah keempat kalinya check-up si calon debay. Ketemu dokter yang berbeda , rumah sakit yang ga sama. SENGAJA. 
    Ga khawatir tuh kalau ga ada riwayat kesehatannya? NO. Karena dari awal juga ga ada yang mengkhawatirkan. Dokter juga ga ada wanti-wanti khusus. Sambil ngeliatin kondisi RS dan interaksi dokter. Buat pertimbangan kalau nanti mau lahiran :-D
    First, suami lebih suka dokter perempuan. Risih aja gitu katanya kalau aku dipegang2 dokter cowok. Meski dua kali sih diperiksa dokter obgyn cowok, gegara ndak cari info jadwal praktek, main masuk ajah ke RS baru di hari Sabtu.
    Second, karena suami takut kalau aku dioperasi. Sebisa mungkin normal ajah. Honestly iya juga, syerem kalau denger kata operasi. Udah banyak juga cerita rekan kalau nyeri operasi itu awet bertahun2 masih kerasa. Yah meski mau ga mau bakalan tetap jadi opsi kalau ada kedaruratan. Tapi opsi terakhir lah.
    Nah dari 4 kali periksa, 4 x USG, non BPJS buat ngecek rate juga ^_^. Cuma dokter Fitriana yang nggak pake HPHT untuk nentuin usia si calon debay. Ngedengerin curhat bahwa ini kehamilan pertama setelah 6 tahun. Kondisi make obat pas mens terakhir, karena waktu itu drop tensinya. Ndak ngeh kalau hamil juga meski setelah mens terakhir itu, ga datang bulan lagi selama hampir sebulan setengah. Lah udah biasa kayak gitu. Siklus haid-ku bisa 35-70 hari. Diputuskanlah hasil USG yang dipake patokan. Diliat CRL-nya (Crown Rump Length) dan udah ada detak jantungnya. "Udah 6 minggu", katanya. "Perkiraan lahir 5 Desember ini", tambahnya.
    Dokter yang lain sih pake patokan HPHT (Hari Pertama Haid Terakhir) ya. Jadinya selisih 2 mingguan perkiraan lahirnya (Estimated Delivered Date). Nah perbedaan ini nih yang jadi pertimbangan juga. Kok aku prefer yang Desember ya. Secara itu USG Trimester pertama yang kata orang lebih mendekati benar perkiraannya (lebih bisa dipercaya). Tapi kalau sebagai patokan cuti sebelum melahirkan, ya enakan yang November :-D. Kalaupun ada melesetnya lumayan dunk jadi bonus kalau lahirnya lebih dari EDD. Hihi.


    share Copas dari Hypno-birthing Indonesia

    Waduuuhhhh Kok perhitungan usia kehamilanku Antara Hitungan Mens Terakhir dengan USG berbeda ya?
    Bunda-bunda, Tidak perlu bingung. Usia kehamilan bisa saja berbeda antara USG dan hitungan haid, karena:

    1. perhitungan usia kehamilan berdasarkan rumus hanya berlaku untuk wanita yang siklus haidnya tepat 28 hari
    2. ada kisaran normal perbedaan ukuran janin pada usia kehamilan yang sama; artinya janin yang cenderung besar, bisa saja ukurannya sudah seperti janin berusia 30 minggu padahal usia kehamilannya baru 28 minggu; ada faktor keturunan (genetik) yang mempengaruhi ukuran janin, karena itu ukuran normal selalu dalam bentuk kisaran (rentang). Bila ibu masih bingung, coba perhatikan anak berusia 1 tahun ada yang beratnya 9 kg, sementara bayi 8 bulan juga ada yang beratnya 9 kg dan masih terhitung normal.
    3. Untuk menghitung usia kehamilan dengan lebih akurat, data yang kita pakai adalah data dari USG pada trimester pertama (data USG pada usia kehamilan 4-12 minggu) karena kesalahan perhitungan usia kehamilan dengan usia sesungguhnya hanya 3-7 hari saja. Sedangkan data USG pada trimester kedua mempunyai lebih kurang akurat untuk menentukan USIA KEHAMILAN, dan USG pada trimester III ( setelah 28 minggu) bisa memiliki kesalahan 2-4 minggu untuk penentuan USIA KEHAMILAN. Jadi, jika ingin keakuratan usia kehamilan, perhitungan didasarkan pada USG awal, bukan USG akhir.


    Sumber: http://ibuhamil.com/diskusi-umum/11025-usia-kehamilan-hpht-vs-usg.html
    Like us: IbuHamil.com on Facebook - @infoibuhamil on Twitter


0 pemerhati: