• Mimpi Bima

    Karena mimpi, kadang berasal dari rencana yang sudah ada di kepala, cuma belum dilakonin. Atau hanya ada di kepala, yang meski diikuti keinginan besar tapi tidak berani juga dieksekusi. Memang mimpi apa sih?
    Siang hari yang panas, bercengkrama dengan tetangga depan. Saya memanggilnya budhe. Karena beliau memang jauh lebih tua dari saya. Juga karena postur beliau yang lumayan gedhe :-) Muasal saya mau bikin bakwan, kok ga ada ijo-ijonya jadi kurang rame. Berangkatlah si ayank nengok kebun si budhe mau minta tu daun bawang. Eh ternyata si daun datang bersama pemiliknya. Si budhe ini seneng banget cerita. Wah alamat ke pending ni bikin bakwannya. Cerita tentang rumah, tentang rencana kartinian, tentang kue mendhut. Nah ngomong-ngomong kue, ini ada cetakan bima belum keluar dari kardusnya. Si budhe pun menantang saya. Oke, hari ini saya mau bikin kue pukis ala bima. Bukannya apa, satu, karena kemarin malam saya mimpi bikin kue pake ni cetakan. Lebay banget ga sih? Si budhe pun ketawa dengar alasan saya. Dua, karena resepnya gampang, takarannya pake sendok semua, cap cuz dah.
    Resep pukis ala bima:
    1. Campurkan 8 sdm terigu, 2 sdm susu bubuk, 1/2 sdt fermipan, 1 telur, 150 ml santan kental (65 ml kara campur air), 3 sdm gula. Mixer sampai halus.
    2. Diamkan 30 menitan sampai adonan mengembang
    3. Jika sudah, tambahkan 1/4 sdt garam dan 50cc mentega cair, aduk perlahan
    4. Cetak di bima satay yang sudah dipanaskan, panggang +/- 5 menitan
    Penampakannya sih seperti ini.

    Manis banget ga sih bentuknya? Rasanya juga yummy! Ga kemanisan dan empuknya passs. Eits jangan salah, si bakwan ga kalah eksis dunk. Jadi dibikin sebelum olah adonan si pukis. Hmm... besok bikin kue apa yaa??? 

0 pemerhati: